follow me #yogisunardi

Twitter:

Pages

Thursday, October 17, 2013

Touring Pelabuhan Ratu - Sawarna (Bagian 1)

Sukabumi, 12 October 2013

Saat melakukan perjalanan mengunjungi pantai selatan Ujung Genteng Sukabumi sempat mendengar dari salah seorang rekan akan keindahan alam Pantai Sawarna Banten dan hal yang sama juga saya dengar dari rekan yang lain saat melakukan perjalanan bersepeda ke Pantai Santolo Garut.

Akhirnya saya dan rekan-rekan melakukan diskusi untuk merencanakan perjalanan bersepeda ke Pantai Sawarna pada  tanggal 12 dan 13 Oktober yang lalu. Kami sempat dua kali berdiskusi langsung dengan rekan-rekan untuk mematangkan segala sesuatunya hingga untuk memesan penginapan di sana karena pada tanggal tersebut merupakan libur panjang Hari Raya Idul Adha.

Kami berangkat dari Bandung pada hari Sabtu pukul 04.00 menuju kota Pelabuhan Ratu dan tiba di kota Sukabumi pukul 07.30 untuk bertemu salah seorang rekan yang akan turut bergabung dalam perjalanan bersepeda juga untuk menikmati Sarapan di seputaran Jalan Baru di kota ini.

Akhirnya di salah satu penginapan di kota Pelabuhan Ratu kami bergabung dengan beberapa rekan yang sehari sebelumnya sudah bermalam di sini. Beberapa rekan juga ada yang membawa serta anggota keluarganya untuk berlibur ke Pantai Sawarna.

Kami sepakat untuk mulai bersepeda dari Cibangban di mana Cibangban ini letaknya kurang lebih 5Km arah Barat dari Kota Pelabuhan Ratu. di parkiran kawasan wisata pantai ini kami mulai menurunkan sepeda untuk dicek ulang segala sesuatunya sebelum memulai perjalanan.

Tepat pukul 11.00 setelah berdoa dan foto keluarga di sisi pantai kami mulai mengayuh sepeda di bawah sinar matahari yang cukup menyengat dan panasnya aspal yang berangsur menanjak dan terus mendaki untuk melaluinya. Saya sendiri mengalami agak pusing terasa di kepala entah karena memang panas sekali sehingga dehidrasi atau karena begitu start langsung mendaki padahal baru menempuh 2 Km perjalanan.

Di bawah pohon yang cukup rindang saya mencoba untuk beristirahat sejenak untuk mengatur nafas dan minum sebanyak-banyaknya sebelum melanjutkan perjalanan mendaki melalui Tanjakan Habibie, saya sendiri pun terlupa untuk mencari tahu mengapa disebut Tanjakan Habibie.

Pada puncak tanjakan ini tenaga saya masih terasa belum normal yang akhirnya membawa saya untuk beristirahat kembali di warung terdekat untuk menambah nutrisi dari makanan yang tersaji cukup rapi sambil menikmati keindahan teluk Pelabuhan Ratu, sedangkan rekan-rekan yang lain masih menikmati tanjakan-tanjakan di lintasan aspal menuju Pantai Sawarna yang masih berjarak 26Km dari Puncak ini.

Cuaca masih terasa sangat panas ketika saya mulai mengayuh sepeda kembali sedangkan pepohonan yang ada di kiri kanan jalan masih belum mampu menahan rasa panas hingga saya bertemu kembali dengan beberapa rekan di dekat perbatasan antara Sukabumi dengan Banten.

Setelah melewati perbatasan ini cuaca masih tetap terasa panas dan lintasan masih tetap mendaki dan menurun hanya sedikit saja. Terlihat beberapa rekan sedang berteduh di bawah rindangnya pepohonan sedangkan rekan yang lain berhenti sejenak di warung yang ada di sisi jalan.

Di tengah lintasan yang masih terus mendaki kami harus berhati-hati dalam melaluinya selain lebar jalan yang tidak terlalu lebar juga lalu lintas yang cukup ramai karena kendaraan bermotor banyak juga yang hendak menuju Pantai Sawarna.

Tepat pukul 15.00 kami menempuh jarak 15Km sebelum memasuki pertigaan bila menuju Pantai Sawarna harus berbelok ke kiri. Di pertigaan ini kami manfaatkan untuk makan siang di warung nasi terdekat yang menyajikan menu ikan laut dan sate kambing.

Puas akan hidangan yang disajikan kami mulai berbelok ke kiri untuk menuntaskan touring bersepeda hari ini dengan target finish sebelum sunset di Tanjung Layar. Di lintasan ini jalan sudah mulai agak menurun tetapi tetap di beberapa bagian masih ada tanjakan yang cukup curam dan ada dua turunan yang sangat tajam yang perlu ekstra hati-hati dalam melaluinya.

Pukul 17.00 kami tiba di pintu masuk kawasan wisata Pantai Sawarna di mana terlihat kendaraan roda empat terlihat antri untuk mencari lahan untuk parkir, di sini memang karena harus melalui jembatan gantung bila hendak menuju penginapan dan Pantai Tanjung Layar.

Setelah check in di penginapan perjalanan kami lanjutkan masih dengan bersepeda menuju arah pantai Tanjung Layar untuk mengejar pemandangan Sunset di pantai ini.

For download *.gpx file, please click the link below: