follow me #yogisunardi

Instagram

Twitter:

Pages

Thursday, September 17, 2015

Sungai Cibeet, anak Sungai Citarum




Karawang Barat, 15 September 2015

Dalam kurun waktu 2 minggu, saya bersepeda seorang diri menyebrangi 3 titik pada aliran sungai Cibeet Karawang Barat yang permukaan airnya menyusut karena musim kemarau.

Sempat mencari referensi dari Wikipedia mengenai sungai ini dan di dapat bahwa Sungai Citarum memiliki banyak anak sungai dan ada dua yang bermuara ke Laut Jawa melalui Kabupaten Karawang.

Cibeet adalah anak sungai Citarum yang menjadi batas alami antara Kabupaten Bekasi dan Kabupaten Karawang. Cibeet merupakan salah satu sungai yang memasok air ke saluran irigasi Tarum Barat atau biasa disebut Kalimalang.

Cibeet memiliki dua anak sungai yaitu Cigentis dan Cipamingkis. Cibeet dan Cipamingkis berhulu di Sukamakmur, Kabupaten Bogor sedangkan Cigentis berhulu di Gunung Sanggabuana, Kabupaten Karawang.
Spot pertama menyebrangi sungai ini dekat dengan pangkalan pasir dan tiba ke Kebun Jarak, Spot yang kedua melintasi Sungai ini yang dilintasannya terdapat pohon tumbang yang besar sekali dan tiba di kebun jarak. Sedangkan yang ketiga menyebrangi Sungai ini menggunakan perahu dan tiba di pepohonan bambu yang rindang dan tembus ke arah Delta Mas.
Cheers,






























































Share On:

0 comments: