follow me #yogisunardi

Friday, August 12, 2016

Lucerne / Luzern - Engleberg Titlis Switzerland di Hari ke 8

Lucerne, 10 April 2016

Setelah dari kota Stuttgart kami melanjutkan perjalanan menuju ke kota Luzerne di negara Swiss, perjalanan dengan kereta api harus ditempuh dengan dua perpindahan Kereta yaitu di stasiun Karlsruhe Jerman dan di stasiun Basel Swiss.

Menuju Karlsruhe dari Stuttagart, kami tidak mendapat tempat duduk karena khusus rute ini dan ke kota Bassel hingga kota Luzerne kami tidak bisa booked online untuk no seat saat kami masih di Indonesia. Mungkin karena waktu tempuh yang singkat dan kereta yang kami naiki tersebut jelas pada tiket adalah Kereta Reguler.

The show must go on toh hanya 50 menit menuju Karlsruhe, koper-koper kami berubah menjadi tempat duduk yang kami letakkan pada bordes ruang di antara 2 gerbong, ya paling repot saja bila ada orang yang hendak ke toilet sehingga kami harus bergeser sejenak supaya tidak mengganggu.

Tiba di Karlsruhe Hbf cuaca kembali terasa dingin yang membuat kami tidak bisa menunggu kereta lanjutan menuju Bassel di ruang atas stasiun ini.

Kami pun turun menuju ke bawah stasiun ini dan menunggu di dekat deretan pertokoan. Tak disangka sempat membaca iklan penjualan tiket konser group band Led Zeppelin yang akan manggung di kota Karlsruhe ini di malam hari di hari yang sama saat kami akan tiba di kota Luzerne.

Mungkin lain kali bila hendak travelling ke benua biru ini hendaknya untuk browsing jadwal konser Group Band, barangkali waktunya bisa pas dengan jadwal perjalanan.

Menuju kota Bassel dan dilanjutkan menuju Kota Luzerne dengan menggunakan kereta regular, kami bisa dapat tempat duduk yang saling berhadapan dengan Kondektur Kereta Api yang cantik, mungkin kalau di Indonesia kondektur ini bisa menjadi artis ya.

Tiba di kota Luzerne waktu sudah menunjukan pukul 19.15, tiba saatnya mengandalkan aplikasi maps di handheld dan pengalaman di Stuttgart hampir terulang karena maps offline selalu memberikan jalan pintas tidak peduli kalau jalan singkat tersebut menanjak curam melalui anak tangga yang membuat sulit dilalui bila membawa koper-koper.

Waktupun beranjak semakin malam dan dingin juga terasa sepi karena pertokoan di seberang danau ini sudah mulai tutup dan bis sudah jarang terlihat sehingga kami putuskan untuk naik Taksi menuju penginapan kami. Selama perjalanan ini hingga kami pulang nantinya. Hanya satu kali ini saja kami menikmati perjalanan menggunakan taksi.

Keesokan paginya dengan menggunakan bis kami menuju Luzerne Hbf untuk menuju kota Engleberg
di kaki gunung Mt. Titlis. Dari Engleberg kami harus menggunakan cable car untuk bisa mencapai puncak gunung Titlis.

Di dalam Cable car kami berbincang dengan Suami Istri yang tinggal di Engleberg dan hendak bermain Ski dan rupanya sang istri adalah warga negara Belanda yang lahir di Belitung. Obrolan kami pun sangat menarik mulai dari pertanyaan mereka kenapa kalian cuma berempat tanpa tour travel dan banyak hal lain yang membuat perjalanan menuju puncak terasa sangat singkat rasanya.

Singkat cerita kami sekedar mencolek-colek salju saja di sini sambil melihat orang lokal sana bermain ski downhill melalui lembah gunung ini menuju pos berikutnya dan kami lanjutkan sekedar menikmati Coffee Latte di Cafe yang tersedia sebelum melanjutkan perjalanan turun menggunakan cable car kembali.

Tiba di stasiun Engleberg kami dan melihat jadwal bahwa kereta kembali menuju kota Luzerne masih satu jam lagi sehingga saya manfaatkan untuk keliling kota Engleberg sekedar mengabadikan ke dalam beberapa frame foto.